Apa itu Autisme?

Autisme adalah gangguan perkembangan neurobiologis yang berat / luas. Umumnya terjadi pada anak umur 3 tahun pertama kehidupannya. Kasusnya memang masih tergolong langka. Tetapi sejak 1990 ada kecenderungan kenaikan angka kasus yang dratis. Sebagai gambaran ditemukan di AS pada akhir tahun 1990 ditemukan 15 – 20 kasus autisme pada setiap 10.000 kelahiran. Pada tahun 2000 diperkirakan 1 dari 250 anak menderita kelainan autisme.


Di Indonesia sampai kini belum ada data yang pasti mengenai jumlah penyandang autisme. Namun berdasarkan pendataan kasar Himpunan autisme Indonesia (Autism Society of Indonesia /HAI), dalam seminggu setiap poliklinik autisme dikunjungi rata-rata 4-5 penderita baru autisme. Diperkirakan angka itu bakal meningkat tajam, mengingat makin buruknya factor lingkungan sebagai salah satu pemicu timbulnya autisme.7 (tujuh) Gejala Autisme :
  1. Defisit bicara dan bahasa : terlambat bicara, tidak bisa bicara, bicara terhenti dan hilang
  2. Abnormalitas sensorik ; ketidaknormalan pada fungsi mulut, pendengaran, perabaan, kurang sensitive pada cahaya serta penglihatan kabur.
  3. Masalah motorik ; gangguan pada fungsi organ seperti tangan, kaki, tungkai kaki, sulit duduk, sulit merangkak dan sulit jalan.
  4. Kelemahan kognitif ; konsentrasi dan perhatian yang buruk, gampang beralih obyek.
  5. Perilaku yang tidak biasa ; suka melukai diri sendiri (mis: suka membentur-benturkan kepala ke dinding), menangis tanpa sebab, begong dan kesulitan tidur.
  6. Gangguan psikiatrik ; malu dan tidak suka berkumpul dengan teman sebaya. Cenderung menarik diri.
  7. Masalah fisik ; sulit mengunyah atau menelan, alergi, nafsu makan buruk/terbatas dan gatal-gatal. Faktor penyebab autisme multifactor, kemungkinan besar dasarnya adalah:
  • Kerentanan genetik (Genetic Susceptibility/Vulnerability)
  • Infeksi (rubella, cytomegalovirus) saat masih dalam kandungan.
  • Bahan-bahan kimia seperti zat pengawet makanan, pewarna, perasa makanan & berbagai fastfood
  • Bahan polutan seperti timbal/ timah hitam yang banyak ditemui sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari kendaraan bermotor
  • Bahan merkuri/ air raksa (yang ditemukan pada ikan-ikan hasil tangkapan)

Comments :

0 komentar to “Apa itu Autisme?”